:: Welcome ::

Ciuman Menyebabkan HIV ?  

Rabu, 04 November 2009

Hi all...
Ini adalah cerita saya waktu saya memberi materi tentang HIV/AIDS di sekolah saya. Waktu itu, diadakan kegiatan masa orientasi siswa.

Nah, di sela-sela penjelasan saya yang panjang lebar mengenai HIV dan cara penularannya, iseng saya memancing siswa baru dengan pertanyaan yang cukup membuat otak rancu, kalau misalnya orang tersebut memiliki pengetahuan yang minim tentang HIV/AIDS.

Saya bertanya kepada semua siswa,"Apa ciuman bisa menularkan HIV?"

Awalnya mereka diam. Entah berpikir atau kebingungan.
Lalu saya tunjuk salah seorang siswa, agar tak menghabiskan waktu berpikir terlalu lama.
Ternyata dia jawab, "Bisa".
Saya tanya alasannya. Dia menjelaskan kalau ciuman itu dapat menularkan HIV/AIDS, sebab dari liur seorang pengidap HIV+, kemungkinan ada virus yang dibawa ke pasangan ciumannya.
Oia, sebelumnya saya belum menjelaskan pada mereka tentang media penularan virus HIV.

Lalu, apakah jawaban itu benar?

Jadi, saat berciuman, liur pengidap HIV memang menyatu dengan pasangannya. (Tergantung dari tipe ciumannya)
Liur TIDAK BISA menularkan HIV, karena selain cairan kelamin, air susu dan darah, media lain tidak memungkinkan menjadi media penularan HIV.

Tapi, liur BISA menularkan HIV saat pasangan berciuman dari si pengidap HIV mengalami luka pada bibirnya.
Atau hal yang paling ganas, berciuman yang membuat perlukaan pada mulut dan bibir.

Dari pemberian materi itu saya bisa menyimpulkan bahwa masih banyak remaja-remaja yang masih memerlukan pengetahuan tentang HIV.

Tetap jaga diri dari HIV/AIDS :)

AddThis Social Bookmark Button


 

Design by Blogger Buster | Distributed by Blogging Tips